Senin, 14 Oktober 2013

[Anime] Motto Marutto Railgun III Comments (Okamoto-san don't worry you're still the best!)

Iseng iseng nge-surfing di nyaa berhubung belum ada ide baru buat menulis, ternyata saya menemukan sebuah parodi kocak yang resmi dimunculkan oleh serial anime yang sudah sangat kita kenal di dunia per-anime-an, apalagi kalau bukan To aru series! Dengan fokus cerita yang diambil dari To aru Kagaku no Railgun S yang baru saja tamat season lalu, parodi yang dilakukan oleh berbagai karakter yang sempat muncul di anime Railgun SS ini pastinya mampu untuk membuat penonton setianya terkekeh-kekeh nggak karuan, akibat dari dialog-dialog ajaib dan penuh dengan hal-hal abrsurd yang tidak bisa dijelaskan dengan logika semata, wkwkwk

Sebenarnya parodi ini pernah muncul di versi BD pada serial Railgun pada season sebelumnya yang berakhir 2 tahun yang lalu. Dan parodi kali ini merupakan episode yang ketiga dari parodi anime Railgun yang pernah muncul dengan judul resminya yaitu Toaru Kagaku no Railgun MMR III: Much More Railgun III (とある科学の超電磁砲 MMR: もっとまるっと超電磁砲 Toaru Kagaku Choudenjihou MMR III: Motto Marutto Rērugan II, lit. "A Certain Scientific Railgun MMR II: Much More Railgun III"). Parodi ini dirilis satu paket dengan perilisan edisi Blu-Ray To aru kagaku no Railgun S edisi pertama, maka dari itu kemungkinan masih akan ada Parodi episode selanjutnya pada perilisan BD edisi kedua.



Parodi Railgun atau bisa juga disingkat dengan MMR seperti yang dijelaskan diatas memiliki durasi total sepanjang 8-9 menit, yap, tidak terlalu
panjang untuk seukuran durasi anime biasa, namun perbedaannya adalah MMR ini terbagi atas beberapa arc atau dengan istilah sketch untuk parodi ini, dimana di setiap arc menggambarkan situasi-situasi atau scene yang pernah muncul dari keseluruhan anime Railgun SS. Perbedaannya hanya pada dialog yang dimunculkan pada scene itu sendiri.

Sketch 1: Saten Ruiko sniffs things

Sketch ini menceritakan salah satu episode Saat Saten sedang mencium tanah di sekitar lingkup Academy City. Dimana jika digambarkan pada cerita aslinya seharusnya Saten mencium tanah karena untuk mencari barang berharga namun parodi ini justru Saten mencium beberapa makanan yang ditunjukkan oleh Misaka untuk mengetahui tingkat keamanannya, dimana setiap makanan yang ditunjuk justru semakin buruk kualitasnya 

Sketch 2: Nunotaba Shinobu's English

Sketch ini memparodikan situasi saat Misaka berasil menemukan Shinobu untuk pertama kali, bedanya jika saat itu Shinobu menjelaskan tentang proyek rahasianya, di parodi ini ia justru memaksa Misaka untuk belajar bahasa inggris darinya. Membuat Misaka kerepotan karena ia terus ditendang oleh Shinobu gara-gara terus melakukan salah pengucapan (wkwkwk padahal Shibobu juga make bahasa Engrish disini XD)


Sketch 3: On capsule toys

Menceritakan adegan saat ia gagal mendapatkan mainan yang ia inginkan dari mesin kapsul. Misaka pulang dengan wajah kecewa sembari mengingat-ingat masa lalunya ketika mainan plastik murah(an?) masih bisa diperoleh melalui mesin kapsul tersebut.


Sketch 4: Kōan Clone

Adegan saat Misaka bertemu dengan Misaka 9982 untuk pertama kali. Saat Misaka menatap Misaka 9982 sembari terheran-heran, tiba tiba klon dirinya meneriakkan "Pertanyaan!" dan secara refleks Misaka menjawab dengan "Jawaban!". Misaka kebingungan dengan jawabannya tersebut, apakah yang dimaksud 9982 adalah memberinya sebuah koan atau merujuk pada cerita Ikkyu-san, atau mengukur tingkat kekuatannya sendiri, diakhiri dengan senyuman penuh misteri oleh  9982.


Sketch 5: A commentary on the videogame industry


Salah satu adegan yang saya suka yaitu ketika Misaka 8912 diajarkan tentang hidup manusia biasa oleh Shinobu, pada parodi ini mereka membicarakan game masa kini dan pernyataan Shinobu kepada Misaka jika klon nya tersebut mungkin adalah salah satu yang benar-benar paham bagaimana cara membuat game yang sesungguhnya, berikut dengan praktik industri videogame itu sendiri. Yang ternyata hal itu dikarenakan ulah Shinobu yang memasukkan pengetahuan tentang game pada Misaka Sisters. 


Sketch 6: On Okamato Nobuhiko's voice acting career


Episode paling parah menurut saya karena pada scene itu mulai memasuki dunia 4 dimensi. Menceritakan keluhan Accelerator akan karir seiyuu yang mengisi suaranya saat ini pada Misaka 9982. Berkata jika mereka berdua sama-sama memiliki debut di tahun 2006, bersama dengan "Abe-san" dan "Toyosaki-san" (seiyuu Touma dan Uiharu), dia hanya memperoleh jam tayang yang sedikit jika dibandingkan dengan seiyuuu karakter lain, padahal serial To aru adalah salah satu big business menurutnya.

Dilanjutkan dengan keluhan Accelerator tentang industri anime saat ini, tentang perannya yang menurutnya sedikit sekali jika dibandingkan yang lain. 9982 menjawab dengan kesuksesan Accelerator di dunia jaringan sosial selama 2 tahun terakhir, namun dibantah oleh Accelerator jika hal itu hanya terjadi pada 2 musim tiap tahunnya, dan hal itu baru berakhir beberapa bulan lalu (merujuk pada serial Bakuman, mungkin). 9982 kembali menjawab jika Okamoto-san tetap banyak memperoleh jam malam dengan jumlah yang sangat banyak, namun Accelerator tetap tidak peduli dan terus mengeluhkan peran seiyuu-nya yang terlalu sedikit.



Sketch 7: Misaka Mikoto and her kiddy tastes


Adegan saat Misaka melakukan konfrontasi dengan Accelerator untuk pertama kali, bedanya adalah disini Misaka berkomplain dalam hati tentang komentar Kuroko terkait dengan selera Misaka yang kelewat kekanak-kanakan, berkata bahwa orang dewasa juga melakukan hal itu, berikut dengan mempertanyakan gaya double standard dalam masyarakat Jepang. Accelerator bertanya apa yang terjadi, dengan Misaka, telah siap dengan koin di ujung jarinya, kembali bertanya  pada Accelerator bagaimana menurutnya tentang seorang gadis yang melakukan hal hal layaknya gadis. Accelerator menjawab bahwa ia lebih dari setuju akan hal itu, namun bagi mikoto, hal itu saja tidak cukup.


Kemarahan meluap, Misaka menyerang dengan maju ke arah Accelerator.

Sketch 8: I can see everyone, except Uiharu Kazari

Adegan saat Misaka mentraktir es krim kepada teman-temannya, kasihannya ketika merka semua menunggu Uiharu yang tidak kunjung datang ke hadapan mereka, Sebenarnya Uiharu sendiri sudah berada tepat di samping mereka, namun karena ia tidak memakai topi bunga ciri khas-nya yang sedang diperbaiki, hal itu justru membuatnya tidak dikenali.

Bener-bener kocak! Menghibur banget! Seharusnya dialog-dialog semacam ini harus ada di versi BD pada anime-anime lainnya wkwkwk, palagi jika sudah menyangkut real life seperti di Arc ke 6, mantab!


Sembari menunggu berita terbaru seputar dunia To aru (index season 3 kapannnn!!??) Tidak ada salahnya kita menikmati sedikit spin-off tambahan yang diberikan oleh Railgun S setelah serial ini selesai, benar kan? Yah, semoga saja berita baik tersebut segera muncul nantinya ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar