Kamis, 10 Oktober 2013

[osu!] Weekend 5 hari (some good moment for mapping again?) :D

Hi folks, ShinKuria's here (mode change!)

Berhubung selasa depan adalah hari raya Idul Adha, maka kampus saya pun mengumumkan diadakannya libur bersama untuk hari sebelumnya. Dengan kata lain, untuk 5 hari kedepan sejak detik ini, saya akan libur! oooooh yeah!

Hanya saja, apa yang perlu saya lakukan untuk mengisi 5 hari bebas tersebut, tentunya bermacam-macam, salah satunya adalah rencana saya untuk sekali lagi membuat sebuah "beatmap" baru, sejak 3 bulan lamanya menyentuh layar editor, hehe...


Sebelum seseorang bertanya "apaan tuh beatmap?", saya ingin memperkenalkan sekali lagi akan sebuah permainan yang sebelumnya pernah saya ulas di blog ini, yaitu osu! Sebuah permainan ritmik dimana kita
diharuskan untuk menekan sebuah objek berbentuk lingkaran dan objek beralur (slider), sesuai dengan irama dari lagu yang sedang kita mainkan. Nah, objek objek atau beat yang telah tersusun pada sebuah lagu itulah yang mungkin bisa saya sebut dengan nama beatmap.

Contoh:

Beatmap Kamisama no Memo Chou - Kawaru Mirai (TV Size)


Beatmap BTOOOM! - No pain, no game


Karya pribadi saya yang masih langgeng, Shingeki no Kyojin - Guren no Yumiya :D

Contoh diatas hanyalanh sedikit dari ribuan, atau mungkin puluh ribuan jenis beatmap yang ada pada osu! saat ini, terhitung 2 tahun sejak saya berkelut pada game yang satu ini, berbagai macam genre lagu yang ada di dunia telah banyak yang terbentuk menjadi sebuah map, membuat game ini semakin beragam menjadi tidak lagi berorientasi pada lagu-lagu jepang saja, tapi juga mulai memasuki genre khusus seperti dubstep, rock, electric pop, dll (tapi secara pribadi saya masih lebih prefer lagu jepang sih XD)

Uniknya dari membuat sebuah beatmap adalah, tidak seperti melukis atau memainkan musik dimana instrumen yang ada adalah kita sendiri yang memainkan, pada sebuah beatmap, terdapat sinergi antara pembuat map (mapper) dengan pemain map itu sendiri agar sebuah map dapat dimainkan menjadi sebuah seni permainan yang luar biasa dan terintegrasi dari unsur rupa, visualisasi dan musikalitas.

pembuatan map oleh seorang mapper


map yang sudah jadi dimainkan oleh para player.

Hal diatas mungkin hanyalah garis besar dari mekanisme permainan osu! berjalan, dari proses pembuatan map, kemudian map dimainkan oleh banyak orang, namun kenyataannya kedua hal ini bisa menjadi jauh lebih kompleks ketika kita mendalami kedua hal ini, seperti halnya pada pembuatan map, untuk dapat membuat map yang baik, diperlukan timing yang baik pada map yang kita buat sehingga objek yang kita letakkan berada pada beat yang sesuai dengan irama pada lagu, selain itu peletakan objek itu sendiri turut menjadi hal yang penting karena posisi yang kita letakkan mempengaruhi bagaimana feel dari sebuah map yang kita mainkan kemudian, peletakan yang berantakan tentunya akan membuat pengalaman bermain yang tidak enak, bukan? :D

Kembali ke topik awal banget (yeah, semua tulisan diatas hanyalah intro). Ceritanya, semenjak kesuksesan saya setelah berhasil menggarap kedua map Shingeki no Kyojin yaitu Guren no Yumiya dan Jiyuu no Tsubasa, secara tidak langsung saya berada pada masa dimana saya tidak mampu untuk mencurahkan ide baru untuk membuat map, yap, gejala yang sedikit mirip saat seorang musisi kehilangan ide untuk menulis lagu baru secara tiba-tiba dalam jangka waktu yang tidak pasti, hal ini dikarenakan kedua map tersebut yang saya maksud diluar perkiraan saya melejit dengan kencangnya dalam kurun waktu kurang dari setengah tahun, dampaknya, kegalauanpun muncul dengan tekanan batin bahwa saya mesti bisa membuat yang lebih baik lagi, dengan impact yang sama pula, orz

Beberapa kali mencoba membuat map baru, namun selalu berakhir dengan kandas di tengah jalan, sepanjang ini hanya NO SCARED  yang mungkin dapat saya katakan salah satu dari banyak karya yang mencapai kriteria kepuasan saya secara keseluruhan, sisanya sampah! (i'm sorry my FSN map but you're failed too T-T)

Maka pada kesempatan 5 hari kosong kedepan ini, 1-2 harinya mungkin akan saya gunakan untuk menciptakan map baru lagi, entah kali ini lagu apa yang akan saya pakai, mungkin OOR lagi? TV Size? Lagu berdurasi 3 menitan dengan MAD video? apa saja boleh asalkan saya berhasil membuatnya menjadi karya apik terbaru! O^Om

Yap, sekian saja curhat konyol saya hari ini tentang osu!, tetapi niat saya untuk membuat map baru memang sudah cukup mantap, jadi silahkan ditunggu saja ya perilisannya (itupun kalo bener-bener udah jadi lol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar